Tips Menjalankan Ibadah Puasa Sambil Diet


diet sehat

Diet sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, walaupun saat sedang menjalankan ibadah puasa. Sebagian orang beranggapan bahwa diet saat puasa tidak bisa dilakukan, karena saat puasa biasanya seseorang tidak bisa menekan nafsu makan saat sedang berbuka. Dan bukannya menurunkan berat badan, malah ada sebagian orang yang berat badannya naik saat berpuasa.

diet sehat

Sebenarnya puasa sambil diet sangat efektif untuk menurunkan berat badan, karena menurut Hipocrates penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan makanan bisa diobati dengan cara berpuasa. Puasa sambil diet bisa dilakukan asalkan anda mampu menekan keinginan anda untuk makan secara berlebihan saat berbuka. Dan puasa sambil diet memang benar-benar efektif menurunkan berat badan anda dengan cepat, asalkan anda memperhatikan tips-tips atau cara puasa sambil diet yang benar.

Saat menjalankan puasa sambil diet, hal yang pertama harus dipunyai adalah konsistensi anda untuk menjalankan diet saat puasa. Karena tanpa adanya konsistensi dari anda tentu diet yang dilakukan tidak bisa maksimal, dan biasanya akan berhenti ditengah jalan. Selain itu, nutrisi dalan makanan yang dikonsumsi ketika berbuka atau pun sahur harus benar-benar diperhatikan. Sebab puasa sambil diet tentu membutuhkan nutrisi yang lebih dari pada bila melakukan diet saat hari-hari biasa.

Berikut beberapa tips puasa sambil diet yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Menghindari karbohidrat

roti adalah karbohidrat

Saat melakukan puasa sambil diet, usahakan agar mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Karena jenis makanan ini akan meningkatkan berat badan secara signifikan. Untuk memulihkan energi, biasanya tubuh sudah bisa beradaptasi untuk menyimpan cadangan energi. Sehingga anda dapat mengurangi asupan karbohidrat yang berlebihan selama puasa.

2. Perbanyak konsumsi air putih

minum air putih

Menjalankan puasa sambil diet tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Karena saat puasa biasanya anda akan sering mengalami dehidrasi, dan untuk mengatasinya maka perbanyaklah mengkonsumsi air putih terutama saat buka dan sahur. Bila saat hari biasa disarankan untuk mengkonsumsi 8 gelas air putih, maka saat puasa usahakan untuk mengkonsumsi 10-12 gelas air putih setiap harinya.

3. Jangan tinggalkan sahur

makan sahur

Sahur sangat penting untuk dilakukan bagi anda yang melakukan puasa sambil diet. Karena sahur menjadi sumber energi untuk melakukan aktifitas selama seharian. Kebiasaan meninggalkan sahur akan mengakibatkan porsi makanan yang disantap saat berbuka menjadi lebih banyak terutama yang mengandung gula, dan itu bisa menggagalkan program diet yang dijalankan.

4. Olahraga rutin

olahraga lari

Bukan berarti saat puasa sambil diet anda tidak melakukan olahraga, karena olahraga penting untuk dilakukan walaupun saat berpuasa. Lakukan olahraga ringan seperti jogging selama 10 menit setelah sahur, ataupun sebelum berbuka.

5. Tidur siang

tidur cantik

Tidur siang menjadi hal wajib untuk dilakukan saat puasa sambil diet. Usahakan untuk melakukan tidur siang minimal 30 menit, tujuannya selain untuk memulihkan tenaga juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Karena dengan metabolisme tubuh yang baik akan membantu pembakaran lemak di tubuh menjadi lebih maksimal.

6. Mengkonsumsi makanan yang bergizi saat berbuka

makanan bergizi

Saat berbuka, mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang sangat wajib untuk dilakukan apalagi bila anda menjalankan puasa sambil diet. Sebelum makan besar, usahkan untuk mengkonsumsi sesuatu yang manis misalnya kurma atau pun madu. Untuk memulihkan tenaga saat berpuasa. Selain itu hindarilah makan besar setelah berbuka, karena bila ini dilakukan akan menyebabkan terjadinya penimbunan lemak di tubuh.

Itulah beberapa tips melakukan puasa sambil diet, semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.


tulis tips trik di tipstrik.id