Tips agar Kuat Puasa Walaupun Tidak Sahur

Tips agar Kuat Puasa Walaupun Tidak Sahur


Makan sahur adalah aktifitas yang dilaksanakan untuk mengawali puasa. Hukum sahur tidaklah wajib untuk dilakukan, namun sangat dianjurkan untuk melaksanakannya alias sunnah. Makanan yang akan kita konsumsi saat sahur menjadi bekal energi seharian dalam menjalankan puasa.

puasa

Terkadang banyak orang yang melewatkan makan sahur dengan berbagai alasan, baik itu ketiduran atau kesibukan lainnya. Nah jika kamu tanpa sengaja melewatkan makan sahur, tidak perlu khawatir untuk menjalankan puasa. Berikut tipsnya agar kuat puasa meskipun tidak sahur.

1. Tekadkan niat

matahari sore

Niat merupakan awal dari segala perbuatan manusia. Jika kamu mempunyai niat yang kuat, maka puasa yang dijalani juga akan lancar meskipun tidak sempat sahur. Jangan pernah menjadikan tidak sahur sebagai alasan untuk tidak berpuasa dan selalu ingat bahwa puasa hukumnya wajib bagi setiap umat Islam. Jika kamu sudah memegang teguh didalam hati niat untuk berpuasa maka segala macam godaan tidak akan menghalangi puasamu.

2. Menyibukkan diri

kerja sibuk

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan agar tetap kuat menjalani puasa tanpa sahur yaitu dengan mencari kesibukan. Dengan menyibukkan diri kamu bisa menahan lapar puasa. Mencari kegiatan positif dan bermanfaat lebih efektif untuk melupakan rasa lapar daripada terus menerus menatap jam karena tidak sabar menunggu waktu buka puasa.

Mencari kesibukan bisa dengan cara apa saja, seperti memasak, berolahraga atau membersihkan rumah dapat menjadi pilihan kegiatan untuk menunggu buka puasa. Kamu juga bisa mengisi hari – harimu dengan ibadah lain untuk mendekatkan diri kepada Allah, contohnya mengaji dan iktikaf di masjid.

3. Jangan melakukan pekerjaan berat

kerja santai

Cara ketiga untuk melaksanakan puasa tanpa sahur yaitu dengan menunda pekerjaan berat. Jika pekerjaan ini masih bisa dilakukan dilain waktu, lebih baik Anda menghindari kegiatan – kegiatan yang dapat menghabiskan banyak energi. Namun jika kegiatannya sangat mendesak dan tidak bisa ditunda, maka kamu harus tetap melakukan sesuai dengan kemampuan yang kamu bisa.

Kamu harus pandai mengatur jadwal kegiatan yang kamu lakukan. Prioritaskan kepada kegiatan yang membutuhkan sedikit energi dan mendesak, kemudian baru kegiatan berat dan tidak mendesak.

Dengan cara seperti ini, kamu bisa tetap menjalankan puasa dan tidak menunda pekerjaan yang akan dikerjakan meskipun tidak makan sahur sebelumnya.

4. Mengingat manfaat puasa

puasa

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat diberkahi oleh Allah SWT, banyak manfaat yang diberikan kepada muslim yang menjalankan ibadah baik wajib ataupun sunnah. Bulan Ramadhan akan sangat berharga jika kamu melakukan puasa sebulan penuh. Karena itu, jangan berpikiran untuk tidak berpuasa karena tidak sempat makan sahur. Meskipun kamu merasakan lapar dan harus yang lebih besar daripada orang lain, tetap ingat manfaat puasa yang bisa kamu dapat. Cara ini merupakan salah satu cara efektif untuk tetap berpuasa.

5. Tidur secukupnya

bayi tidur

Jika kamu bukan orang yang sibuk, dan tidak memiliki tanggungan pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu dekat, kamu bisa mengatasinya dengan menghabiskan waktumu dengan tidur siang.

Yang terpenting jangan melupakan ibadah wajib yang harus dilakukan. Kamu bisa tidur siang hari setelah shalat dzuhur dan bangun untuk shalat ashar. Dengan seperti ini kamu telah berhasil untuk menunda lapar beberapa jam. Biasanya jika sudah berpuasa hingga sore hari, akan merasa sayang jika dibatalkan. Kamu akan memilih menahan lapar beberapa jam daripada membatalkan puasa.

Apa Reaksi Kamu ?

mengejutkan mengejutkan
0
mengejutkan
menginspirasi menginspirasi
0
menginspirasi
disukai disukai
0
disukai
keren keren
0
keren
membingungkan membingungkan
0
membingungkan
aneh aneh
0
aneh
Amel Widya

Gak ah, biar pada penasaran... Hehehe...