Tips Berbelanja Hemat Agar Tidak Tekor


Berbelanja hemat agar tidak boros perlu kita ketahui jika kita hendak pergi berbelanja di tempat-tempat perbelanjaan atau pertokoan. Misalnya, mall, super market, mini market, swalayan, indomaret, alfamart, dan sebagainya.

belanja

Tempat-tempat seperti itu bisa menguras berapapun uang kita jika kita tidak mengantisipasi sejak awal. Tujuannya agar kita tidak boros atau terlalu banyak pengeluaran dalam kehidupan sehari-hari, meskipun kita ingin membeli barang-barang yang memang kita perlukan.

Berikut ini cara berbelanja paling hemat agar tidak boros;

1. Rencanakan Sebelumnya

Sebelum anda berbelanja, anda harus sudah merencanakan dengan terperinci barang-barang yang ingin anda beli. Tanpa rencana akan beresiko pembengkakan biaya atau pemborosan.

2. Utamakan Kebutuhan Pokok

Rencanakan barang-barang kebutuhan paling penting dan mendesak yang ingin anda beli. Misalnya, bahan makanan, sabun mandi, sabun cuci, minyak goreng, dan sebagainya yang setiap hari anda perlu.

3. Kebutuhan Sekunder Nomor Dua

Anda boleh berencana membeli kebutuhan sekunder atau sampingan jika memang perlu. Misalnya, handphone baru, baju baru, minyak wangi, alat-alat kecantikan/kosmetik, dan barang-barang serupa. Namun harus dibatasi beberapa saja, jangan membeli sekaligus.

4. Siapkan Uang Pas

Sebelum pergi berbelanja siapkan uang tunai dalam jumlah pas. Bawa uang tunai secukupnya saja sekiranya pas untuk menutupi keperluan anda. Jangan membawa uang cadangan. Jangan takut kehabisan uang ketika berbelanja, karena anda masih bisa berbelanja lagi di lain waktu.

5. Jangan membawa ATM, Kartu Kredit, dan sejenisnya

Kartu pembayaran semacam itu memungkinkan anda merogoh kocek lagi untuk menambahi uang pas yang telah anda bawa tadi. Jika demi alasan keamanan, anda boleh membawa kartu ATM dengan saldo yang terbatas. Buatlah ATM khusus untuk berbelanja.

6. Utamakan Rencana Anda

Sesampai di tempat perbelanjaan, dahulukan kebutuhan yang sudah anda rencanakan dari rumah. Jangan melihat-lihat barang-barang lain yang tidak anda rencanakan meskipun anda tertarik, sebelum anda menemukan barang yang anda cari.

7. Periksa Harga

Sebelum memutuskan untuk membeli, periksa harga lebih dulu. Jelajahi harga dari semua barang yang anda butuhkan agar anda bisa menemukan harga yang paling murah. Carilah harga yang semurah-murahnya namun berkualitas baik menurut anda. Janganlah membeli barang yang menurut anda harganya mahal.

8. Bayar dan Pulang

Jika telah menemukan barang kebutuhan dan sesuai dengan harga yang anda sepakati, segeralah bayar dan kemudian langsung pulang. Jangan berjalan-jalan atau mondar-mandir di sekitar tempat itu. Karena hal itu akan memungkinkan anda untuk tertarik dengan barang-barang lain yang tidak seharusnya anda beli.

Apa Reaksi Kamu ?

mengejutkan mengejutkan
0
mengejutkan
menginspirasi menginspirasi
0
menginspirasi
disukai disukai
0
disukai
keren keren
0
keren
membingungkan membingungkan
0
membingungkan
aneh aneh
0
aneh
Amel Widya

Gak ah, biar pada penasaran... Hehehe...