Tips Rahasia Menjadi Pemimpin yang Inspiratif


Penasaran mengapa produktivitas karyawan kamu menurun? Mungkin jawabannya karena mereka kurang bahagia dan termotivasi.

elon musk

Jika kamu adalah termasuk seorang pemimpin dan bukannya bos, maka kamu bisa segera menginspirasi mereka. Sebab jika tidak, kemungkinan mereka untuk keluar pekerjaan cukup besar. Hal in seperti hasil survei yang dilakukan oleh Mercer¸sebuah kantor konsultan, satu dari tiga karyawan di Amerika Serikat merasa nggak bahagia dan berencana untuk keluar.

Lalu bagaimana menjadi pememimpin yang dapat menginspirasi karyawannya? Berikut rahasianya!

Ajak Mereka untuk Partisipasi

Nggak semua karyawan hanya ingin duduk, menyelesai pekerjaan lalu pulang. Banyak dari mereka yang punya ide-ide segar untuk proyek dan kemajuan kantornya. Coba salurkan hal tersebut dengan mengajak mereka untuk berpartisipasi. Caranya mungkin bisa meniru CEO Yahoo, Marissa Meyer. Saat dia masih di Google, ia menempelkan kertas dengan tulisan “office hours” di depan pintunya setiap jam 4 sore. Waktu ini diperuntukkan bagi karyawannya untuk datang ke kantornya untuk menuangkan ide-ide baru.

Dapatkan Kepercayaan

Jika karyawan loyal dan percaya dengan pemimpinnya, biasanya mereka akan betah di kantor. Menurut Peter Handal, chief executive dari Dale Carnagie Training, sebuah perusahaan pelatihan kepemimpinan di New York, kepercayaan dapat diraih lewat banyak cara. Salah Satunya dengan selalu ingin tahu impian dan karir karyawannya. Atau bisa tanya hal-hal ringan seputar hobi dan keluarga mereka. Kamu bisa melakukan ini dengan memanggil mereka ke ruangan, makan siang, atau mengunjungi kubikel mereka satu per satu.

Dapatkan Juga Rasa Hormat

Poin ketiga ini dimulai dari sendiri. Jika kamu melakukan semua hal yang apa yang kamu katakan, seperti yang tertulis dalam visi misi kantor, maka dengan sendirinya rasa hormat itu akan didapat. Karyawan pun akan melihat kamu sebagai pemimpin yang nggak “NATO” alias no action talk only. Menurut Handal, dengan begini karyawan dan stakeholder akan bangga bisa bekerja dengan kamu.

Jadilah Orang Paling Optimis

Seringkali karyawan ragu akan kemampuannya ataupun proyek yang sedang dikerjakannya. Di sinilah poin keempat bermain, sebarkan rasa optimis kamu ke mereka. Menurut Colin Powell, Mantan Luar Negeri AS, rasa ini dapat menular. Buat mereka yang pesimis jadi optimis. Dengan begitu mereka akan termotivitasi dengan membarikan yang terbaik pada pekerjaan mereka.

Berbagi Cerita

Sebagai pemimpin kamu tentunya punya lebih banyak pengalaman dari karyawan. Ada banyak cerita di dalamnya, dari yang duka dan tentunya suka. Memberikan inspirasi dan motivasi bisa lewat berbagi cerita. Coba ceritakan pengalaman kamu bisa sukses seperti sekarang dan kegagalan yang nggak bikin kamu berhenti untuk berusaha.

Apa Reaksi Kamu ?

mengejutkan mengejutkan
0
mengejutkan
menginspirasi menginspirasi
0
menginspirasi
disukai disukai
0
disukai
keren keren
0
keren
membingungkan membingungkan
0
membingungkan
aneh aneh
0
aneh