Empat Trik Membaca Cepat saat Belajar


Setiap orang sebenarnya memiliki kemampuan membaca masing-masing. Tetapi, ternyata ada empat trik membaca cepat yang bisa kita terapkan saat belajar. Sebagai informasi, rata-rata orang dewasa hanya bisa membaca sekira 200 kata per menit. Sementara itu, pelajar bisa membaca sampai 325 kata per menit.

belajar

Menguasai teknik membaca cepat ini akan membantu kita memahami lebih banyak materi pelajaran. Yuk, simak apa saja triknya.

1. Konsentrasi

Ini adalah kunci agar kita bisa membaca cepat. Artinya, kita harus menjauh dari gadget dan media sosial agar bisa fokus.

2. Kecepatan

Fokus saja pada kecepatan membaca, kemampuan pemahaman kita akan membaik seiring banyaknya latihan. Kamu bisa juga menggunakan pulpen atau jari untuk menghindari terlewatnya sejumlah kata saat dibaca.

Trik lainnya adalah meningkatkan luas bidang baca dan mengurangi pergerakan mata. Selain itu, sebaiknya kamu enggak membaca dengan suara keras karena otakmu lebih cepat ketimbang lidahmu.

3. Pemahaman

Materi bacaan yang berbeda memliki tipe pemahaman yang berbeda pula. Membaca buku novel fiksi tentu berbeda dengan buku sejarah atau kimia. Sebelum mulai membaca, kamu harus bisa menilai jenis dan tujuan teks tersebut.

4. Mengingat

Kita sering lupa 50 persen dari apa yang telah kita pelajari dalam satu jam kecuali kita belajar mengingatnya atau rutin mengulang. Jadi ingatlah, pengulangan adalah fondasi dalam belajar.

Kita bisa mengulang dengan membuat catatan. Kemudian, mengajari orang lain tentang materi yang sudah dipelajari dapat menunjukkan level pemahaman kita atas materi tersebut. Cara lainnya adalah dengan membuat pemetaan pikiran dan menggunakan metode mnemonics.

Apa Reaksi Kamu ?

mengejutkan mengejutkan
0
mengejutkan
menginspirasi menginspirasi
0
menginspirasi
disukai disukai
0
disukai
keren keren
0
keren
membingungkan membingungkan
0
membingungkan
aneh aneh
0
aneh
Wanwan Max

Aku hanya orang biasa yang tampil biasa-biasa saja. Meskipun tak terbiasa dengan hal-hal yang luar biasa, namun kebiasaan membuat semuanya menjadi biasa.