Resep Jitu “Antigosong” saat di Pantai


Laut biru, pasir putih, angin semilir, dan es kelapa muda. Lengkap sudah wisata pantai kita. Namun, bila terlalu lama berjemur di pantai, tidak jarang kulit menjadi “gosong” atau kemerahan dan kehitaman. Bila Anda mendambakan kulit yang terang dan mulus, “oleh-oleh” dari pantai ini tentunya akan merusak penampilan.

pantai jalan jalan

Sinar matahari yang melimpah dan terik di kawasan pantai memang mudah membuat tubuh membentengi diri dengan memproduksi banyak melanin pada kulit. Inilah yang memicu timbulnya warna gelap pada kulit.

Pemakaian tabir surya (sunscreen atau sunblock) sebenarnya dapat mengurangi risiko kulit menjadi kemerahan atau kehitaman setelah berwisata di pantai. Namun, tidak jarang kulit tetap menghitam atau berubah menjadi gelap meskipun telah menggunakan tabir surya. Ini bisa saja terjadi akibat jenis tabir surya hanya bersifat melindungi dari salah satu sinar ultraviolet (UV). Misalnya, hanya melindungi hanya sinar UV A atau sinar UV B. Pastikan Anda telah memilih tabir surya dari sinar UV A dan UV B.

Angka SPF juga menjadi penentu. Dalam kondisi aktivitas biasa di luar ruangan, di kawasan Indonesia, SPF 17 hingga SPF 20 sebenarnya sudah cukup. Namun, jika ingin beraktivitas di kawasan pantai dalam jangka waktu lama atau kulit tergolong sensitif dengan paparan sinar matahari, sebaiknya Anda gunakan tabir surya dengan SPF tinggi. Misalnya SPF 60.

Perlu diingat, jangan hanya sekali mengoleskan tabir surya. Idealnya, oleskan tabir surya paling tidak satu jam sekali. Pastikan Anda juga mengoleskan tabir surya setelah berenang. Dengan demikian, perlindungan pada kulit akan optimal.

pantai

Tabir surya saja tidak cukup. Mata Anda memerlukan perlindungan. Kenakan kacamata hitam untuk melindungi matahari dari paparan terik sinar matahari. Pastikan kacamata memiliki lapisan pelindung dari paparan sinar matahari.

Kenakan topi yang nyaman. Penggunaan topi ini tidak hanya untuk bergaya, tetapi juga membantu menaungi kepala Anda dari paparan sinar matahari. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko dehidrasi. Cara mencegah dehidrasi lainnya adalah mengonsumsi air minum yang cukup.

Bagi yang berkulit sensitif, Anda sebaiknya lebih cermat ketika berwisata ke pantai. Pemakaian tabir surya dengan SPF tinggi merupakan suatu keharusan, tetapi pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit. Namun, bila telah menggunakan SPF tetapi kulit masih kemerahan dan perih, sebaiknya Anda hindari paparan sinar matahari langsung dan lindungi tubuh. Konsultasikan ke dokter jika masalah kulit semakin parah ketika terkena sinar matahari.

Apa Reaksi Kamu ?

mengejutkan mengejutkan
0
mengejutkan
menginspirasi menginspirasi
0
menginspirasi
disukai disukai
0
disukai
keren keren
0
keren
membingungkan membingungkan
0
membingungkan
aneh aneh
0
aneh