Tips Hemat Agar Cepat Kaya ala Miliader

Tips Hemat Agar Cepat Kaya ala Miliader


Gajian adalah saat yang ditunggu-tunggu. Tetapi, gaji yang diterima tidak bisa bertahan lama. Baru gajian, dua minggu lagi sudah habis. Mengapa hal ini bisa terjadi?

uang rupiah

Gaya hidup Anda adalah penyebabnya. Mungkin saja Anda terlalu sering nongkrong di kafe dan suka belanja. Kalau begini terus, kapan menabungnya?

Pernahkah Anda mendengar peribahasa Hemat pangkal kaya? Peribahasa yang sudah tidak asing lagi di telinga. Banyak orang kaya yang masih berpegang teguh pada peribahasa itu. Bukan berarti kaya terus seenaknya saja menghabiskan uang.

Fakta membuktikan orang kaya alias miliarder lebih menghargai uang. Benarkah begitu? Kalau tidak percaya, cobalah tips kaya raya ala miliarder.

1. Bayarkan semua kebutuhan setelah gajian

Banyak orang yang belum menerapkan ini. Mungkin Anda salah satunya. Gajian merupakan hal yang paling menyenangkan. Namun, Anda tidak boleh terlena begitu saja.

Ingat, masih banyak kebutuhan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya, seperti listrik, air, telepon, biaya pangan, asuransi, dan cicilan rumah.

Sebelum Anda gelap mata, usahakan untuk membayar semuanya terlebih dahulu. Segera sisihkan gaji bulanan untuk semua kebutuhan di atas. Dengan demikian, keuangan Anda akan terjaga.

2. Manfaatkan transportasi umum

Gengsi? Sudah tidak zamannya lagi. Anda bisa melakukan apa saja tanpa harus memikirkan perkataan orang lain. Apalagi jika hal tersebut berbau positif. Mengapa harus malu?

David Cheriton adalah seorang miliarder. Ia lebih memilih bersepeda dan jalan kaki ketimbang naik mobil mewahnya, apalagi kalau jarak tempuhnya dekat. Padahal, para miliarder bisa menggunakan helikopter miliknya untuk menghadiri pertemuan makan siang.

3. Kurangi hedon

Hedon adalah istilah bagi orang yang suka menghambur-hamburkan uang. Contohnya, wanita yang suka pergi ke salon dan pria yang suka ke klub. Memanjakan diri tidak salah. Terlebih bagi Anda yang sudah penat dengan rutinitas kantor.

Namun, jangan sampai terlalu sering. Ingat, memanjakan diri itu perlu uang. Jumlahnya pun lumayan besar. Kurangilah hedon. Lebih baik uangnya Anda tabung untuk menghabiskan momen berharga bersama keluarga.

4. Beli rumah sesuai kebutuhan

Rumah adalah sebuah investasi jangka panjang. Tak salah membeli rumah besar. Namun, apa gunanya rumah besar, tapi utang di mana-mana? Anda sendiri yang pusing memikirkan dananya. Daripada pusing, lebih baik beli rumah yang sesuai kebutuhan. Pilihlah rumah yang nyaman untuk dijadikan sebagai tempat tinggal.

5. Kurangi hobi beli mobil mewah

Siapa yang tidak suka mengoleksi mobil mewah? Kalau ada uang, mengapa tidak? Tapi, Anda harus sadar kebiasaan ini menghabiskan banyak uang. Belum lagi bahan bakar dan perawatannya.

Kalau spare part-nya rusak, bagaimana? Tentu saja butuh biaya besar untuk memperbaikinya. Milikilah mobil sesuai kebutuhan. Pilihlah mobil yang hemat bahan bakar dan efisien. Tujuannya agar pengeluaran setiap bulan bisa lebih kecil.

6. Hindari membeli baju rancangan desainer

Alexander McQueen, Alexander Wang, dan Donatella Versace adalah contoh desainer terkenal. Barang yang mereka produksi pun harganya mencekik leher. Bayangkan saja, satu jaket kulit saja dibanderol dengan harga Rp 20 jutaan. Fantastis, bukan?

Anda tidak perlu gengsi dengan teman yang memiliki koleksi barang mewah dan mahal. Belilah baju sesuai dengan tipe badan. Kalau baju tersebut cocok di badan, penampilan Anda akan terlihat memukau. Padu padankan dengan koleksi aksesoris milik Anda untuk dapatkan hasil yang sempurna.

7. Miliki kartu kredit secukupnya

Promo dan reward dari tiap-tiap bank penerbit kartu kredit memang menggiurkan. Namun ingat, kartu kredit adalah utang dan utang harus dibayar. Belum lagi bunga dan biaya keterlambatan pembayaran.

Semua biaya kartu kredit harus Anda perhitungkan. Milikilah kartu kredit secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

8. Jangan lupa berinvestasi

Investasi adalah cara ampuh untuk menjamin kehidupan pada masa tua. Properti, emas, reksa dana, deposito, dan obligasi adalah investasi yang menarik untuk diikuti. Berinvestasilah pada produk investasi sesuai dengan kondisi keuangan.

Catat semua pengeluaran

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mencatat semua pengeluaran per bulan. Catatlah pengeluaran secara rinci. Catatan ini nantinya berguna sebagai tolak ukur untuk pengeluaran pada bulan berikutnya.

Jadi, Anda bisa berkaca dari pengeluaran bulan ini dengan pengeluaran bulan lalu. Kaya itu adalah pilihan. Jika ingin kaya, Anda bisa menerapkan gaya hidup ala miliarder di atas.

Apa Reaksi Kamu ?

mengejutkan mengejutkan
0
mengejutkan
menginspirasi menginspirasi
0
menginspirasi
disukai disukai
1
disukai
keren keren
0
keren
membingungkan membingungkan
0
membingungkan
aneh aneh
0
aneh
Wanwan Max

Aku hanya orang biasa yang tampil biasa-biasa saja. Meskipun tak terbiasa dengan hal-hal yang luar biasa, namun kebiasaan membuat semuanya menjadi biasa.