6 Aturan Minum Teh Hijau Agar Manfaatnya Maksimal


Minum teh hijau sudah diakui memberi banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Dengan kandungan antioksidan tingginya, teh hijau dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, serta membuat Anda awet muda. Teh hijau juga membantu membakar lemak tubuh lebih banyak sehingga baik bagi tubuh langsing sehat Anda.

teh hijau

Untuk mendapatkan manfaat maksimalnya, ada beberapa aturan dalam minum teh hijau yang bisa Anda terapkan. Seperti dilansir oleh situs indiatimes.com berikut ini aturan minum teh hijau yang baik:

  1. Porsi yang terbaik untuk mendapatkan manfaat sehat dari teh hijau per hari adalah 2-3 cangkir. Walau bermanfaat, namun tak dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak dari itu. Kandungan tanin dan flavonoid pada minuman tersebut efeknya tak baik bagi kesehatan hati (hepar) jika Anda mengonsumsinya berlebihan.
  2. Teh hijau juga mempunyai kandungan kafein, sehingga untuk mengonsumsinya saat perut kosong tak dianjurkan. Hal itu bisa memicu ketidakseimbangan pada asam lambung Anda.
  3. Karena kafein yang ada pada teh hijau, minum segera setelah makan juga tak disarankan. Kafein tersebut akan memicu munculnya asam lambung berlebihan yang malah memperburuk proses pencernaan. Waktu terbaik adalah 30-45 menit usai makan.
  4. Untuk teh hijau yang dikemas dalam kantung, jangan gunakan untuk menyeduh dua kali. Apalagi jika teh dalam kantung tersebut sudah dibiarkan di udara terbuka. Mikroba pastinya sudah hinggap dan akan turut mencemari perut Anda.
  5. Saat tengah malam pun Anda tak dianjurkan untuk minum teh hijau, karena hanya akan membuat Anda tak lelap tidur.

Nah, mudah bukan untuk memperoleh manfaat teh hijau.


tulis tips trik di tipstrik.id