Cara Akses Zoho Mail via IMAP


IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol pengambilan dan penyimpanan email, yang disinkronkan dengan server dan mempertahankan status pesan di beberapa klien email.

Zoho Mail dapat diakses melalui IMAP pada klien IMAP standar manapun dengan menggunakan rincian konfigurasi yang ada dalam panduan ini. Masuk ke webmail Anda dan Aktifkan Akses IMAP untuk akun Anda sebelum Anda mengkonfigurasi IMAP di klien email. (Anda mungkin memerlukan Password khusus aplikasi untuk mengatur akun perangkat lain jika Anda mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor).

Anda juga dapat memilih untuk mendownload aplikasi mobile asli di iOS dan Android untuk menggunakan fitur canggih di Zoho Mail pada perangkat moble Anda.

IMAP

IMAP dan POP3 adalah protokol yang memungkinkan Anda mendownload pesan email dari server Zoho Mail Anda dan mengaksesnya dengan klien email desktop seperti klien email Outlook / Mac Mail dan / atau email mobile aplikasi email iPhone / Android. Zoho Mail dapat dikonfigurasi pada klien email IMAP standar manapun menggunakan IMAP dan SMTP Server Settings.

IMAP lebih baru daripada POP dan memungkinkan sinkronisasi dua arah antara klien email dan akun Zoho Mail Anda. IMAP direkomendasikan saat Anda ingin mengakses akun yang sama dari beberapa klien email.

Aktifkan Akses IMAP

Untuk mengaktifkan Akses IMAP untuk akun email Anda:

1. Masuk ke akun Zoho Mail Anda

2. Buka Pengaturan, dan pilih, POP / IMAP dan Email Forwarding.

3. Di bawah Akses IMAP, pilih Aktifkan.

4. Konfigurasikan Pengaturan Pesan Otomatis dan Tampilan Folder.

 

Zoho Mail IMAP Server Details

Anda dapat mengkonfigurasi akun Zoho Mail Anda pada klien IMAP standar manapun dengan rincian konfigurasi yang diberikan di bawah ini.

Pengaturan Server Masuk (Pengguna pribadi dengan alamat email, namapengguna@zoho.com):

Nama Server Masuk: imap.zoho.com
Port: 993
Mengharuskan SSL: Ya
Username: username@zoho.com

 

Setelan Server Masuk (Pengguna organisasi dengan alamat email berbasis domain, Anda @yourdomain.com):

Nama Server Masuk: imappro.zoho.com
Port: 993
Mengharuskan SSL: Ya
Nama pengguna: you@yourdomain.com

 

Pengaturan Server Keluar

Nama Server Keluar: smtp.zoho.com
Port: 465 dengan SSL atau
Port: 587 dengan TLS
Memerlukan Otentikasi: Ya

Nama Pengguna: Masukkan nama pengguna Zoho Anda atau alamat email Zoho lengkap Anda. Jika domain Anda di-host dengan Zoho, maka alamat email Anda akan berada dalam format you@yourdomain.com.

Alamat Email: Masukkan Alamat Email Zoho Anda. Jika domain Anda di-host dengan Zoho, maka alamat email Anda akan berada dalam format you@yourdomain.com.

Sandi: Masukkan sandi akun Zoho Anda. (Anda mungkin memerlukan Password khusus aplikasi jika dua faktor otentikasi diaktifkan).

Setelan Tampilan Folder untuk IMAP

Kotak surat yang besar dengan banyak folder dapat menjadi rumit untuk melihat dan menyinkronkan email di klien IMAP. Untuk mengoptimalkan kinerja klien IMAP Anda, Anda dapat memilih folder yang ingin Anda sinkronkan dengan IMAP dengan menggunakan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke https://www.zoho.com/mail
  2. Klik Settings, pilih Mail, lalu pilih Email Forwarding / POP dan IMAP
  3. Di bawah bagian Akses IMAP, Klik Lihat atau Ubah Folder
  4. Pilih folder yang ingin Anda lihat di klien IMAP.

Catatan:

Hanya folder yang dipilih di sini yang akan tersedia di klien IMAP yang Anda gunakan.

Pilihan Ekspansi IMAP

Saat Anda menghapus email atau memindahkannya ke folder lain di klien IMAP Anda, surat akan dihapus atau dipindahkan ke folder lain berdasarkan pengaturan IMAP Anda. Untuk segera membuat perubahan ini di akun IMAP Anda, Anda dapat mengaktifkan opsi ‘Langsung dengan Cepat’ dengan langkah-langkah di bawah ini.

1. Login ke akun Zoho Mail Anda

2. Buka Pengaturan Email, lalu pilih Penerusan Email dan POP / IMAP

3. Di Bagian IMAP, pilih opsi Eksploitasi yang Anda inginkan untuk IMAP :

  • Segera Lampirkan Pesan – Ini akan menghapus pesan dari server Zoho Mail saat Anda menghapus / memindahkan email di klien IMAP.
  • Jangan secara otomatis Menghapus Pesan – Pilihan ini akan menunggu folder disinkronkan sebelum email dihapus dari Zoho Mail.

Memecahkan masalah Konfigurasi IMAP

Tidak dapat masuk dari Klien IMAP

Jika Anda mengaktifkan Two Factor Authentication untuk akun Anda, Anda perlu membuat dan menggunakan Password khusus aplikasi di klien IMAP yang Anda gunakan.

Jika Anda adalah pengguna Masuk Federasi (Menggunakan Signin menggunakan Google Apps / Gmail / Facebook dll), Anda mungkin tidak memiliki kata sandi eksklusif di Zoho untuk akun email Anda. Lihat di sini untuk mendapatkan petunjuk terperinci untuk menghasilkan Password bagi akun Anda. Anda tidak dapat ‘Masuk’ menggunakan akun eksternal untuk POP / IMAP / Active Sync.

Akses IMAP tidak diaktifkan

Anda harus mengaktifkan akses IMAP untuk akun Anda, sebelum mengonfigurasi IMAP di klien email lainnya. Lihat bagian ini untuk mendapatkan petunjuk.

Jika Anda dan pengguna Organisasi, tanyakan kepada administrator Anda apakah Akses IMAP diizinkan untuk akun Anda berdasarkan kebijakan email.

Apa Reaksi Kamu ?

mengejutkan mengejutkan
0
mengejutkan
menginspirasi menginspirasi
0
menginspirasi
disukai disukai
1
disukai
keren keren
0
keren
membingungkan membingungkan
0
membingungkan
aneh aneh
0
aneh