Cara Konfigurasi Server SMTP pada Zoho Mail


 

zoho mail

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)

SMTP atau Simple Mail Transfer Protocol memungkinkan Anda mengirim email dari aplikasi email melalui server tertentu. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan akun Zoho Mail untuk mengirim email melalui klien email lain, Anda perlu mengkonfigurasi pengaturan di klien tersebut dengan informasi SMTP Zoho.

Pengaturan Konfigurasi SMTP untuk Zoho Mail – SSL

Nama Server Keluar: smtp.zoho.com
Port: 465
Jenis Keamanan: SSL
Memerlukan Otentikasi: Ya.

Alamat email harus sesuai dengan alamat email / alias akun, yang rincian otentikasinya disediakan.

Pengaturan Konfigurasi SMTP untuk Zoho Mail – TLS

Nama Server Keluar: smtp.zoho.com
Port: 587
Jenis Keamanan: TLS
Memerlukan Otentikasi: Ya.

Alamat email harus sesuai dengan alamat email / alias akun, yang rincian otentikasinya disediakan.

Anda mungkin memerlukan Password khusus aplikasi untuk mengatur akun di perangkat lain jika Anda mengaktifkan dua faktor otentikasi.

Duplikat Sent Copies – Jangan menyimpan salinan dalam folder Terkirim

Saat Anda mengirim email dari klien email lain seperti Outlook atau klien email lainnya yang menggunakan smtp.zoho.com, email tersebut otomatis disimpan di folder Terkirim Anda. Namun, ada beberapa klien email yang juga melakukan perilaku, menyimpan salinan di folder Terkirim setempat. Hal ini menyebabkan duplikat email dalam folder Terkirim (yang disimpan oleh klien email dan yang lainnya oleh Server Zoho). Dalam kasus tersebut, pengguna dapat memilih opsi ‘Jangan menyimpan salinan dalam folder Terkirim’, untuk menghindari duplikasi.

Di bagian Settings, access Email Forwarding / POP dan IMAP dan pilih opsi ‘Jangan simpan salinannya’ untuk tidak menyimpan email yang dikirim menggunakan konfigurasi smtp.zoho.com di folder Terkirim.

Tidak dapat tersambung ke Server Server / Server SMTP Jarak Jauh

Terkadang, klien email terhubung ke port default 25 saat menghubungkan ke server SMTP. Dalam kasus Zoho Mail, Anda perlu terhubung ke smtp.zoho.com di port SSL atau TLS masing-masing 465 atau 587. Contoh: Di Outlook, Anda perlu memeriksa bagian ‘Advanced Server Settings’.

Jika rincian port benar dan masih ada masalah dalam koneksi ke server, Anda perlu mendapatkan rincian traceroute untuk server smtp.zoho.com dan membaginya untuk mendukung (at) zohomail (dot) com dengan rincian akun Anda. , klien email Anda, tangkapan layar konfigurasi, dll.

Kegagalan Otentikasi

Saat mengkonfigurasi SMTP / Outgoing Server, Anda harus menyediakan keseluruhan alamat email dan kata sandi yang benar untuk otentikasi. Anda mungkin memerlukan Password khusus aplikasi untuk mengatur akun di perangkat lain jika Anda mengaktifkan dua faktor otentikasi.

Mengalihkan kesalahan yang tidak diizinkan

Bila alamat email (atau kredensial masuk) yang Anda berikan di aplikasi tidak sesuai dengan alamat email (atau kredensial) server keluar dari akun Anda, Anda akan melihat kesalahan ‘Relaying Disallowed’ saat Anda mencoba mengirim email. Klien SMTP tidak dapat mengirim email karena ketidaksesuaian alamat email.

Hal ini dapat terjadi bila alamat email digunakan sebagai default dalam program kode atau bila Anda salah eja alamat email saat mengkonfigurasi inbox email Anda. Anda akan menerima email tanpa masalah apapun. Untuk mengatasi kesalahan ‘Relaying Disallowed’, Anda harus memperbaiki alamat email yang diberikan.

Mengalihkan kesalahan yang keliru saat menggunakan Outlook Calendar and Mail

Jika Anda meneruskan ‘Calendar Events’ langsung dari Outlook, Outlook akan mencoba mengirimkannya dengan alamat Dari sebagai alamat email Penyelenggara. Dalam kasus ini, Anda akan melihat kesalahan ‘Relaying Disallowed’.

Undangan tidak dapat langsung diteruskan karena ketidaksesuaian alamat email saat Anda mengirim undangan. Sebagai solusi, Anda dapat mengeklik kanan acara dan memilih ‘Teruskan sebagai Lampiran’ untuk mengirim undangan acara.

Tidak dapat menerima email dari formulir kontak situs web

Bila Anda menggunakan formulir ‘Hubungi kami’ atau ‘formulir Web’ dari sebuah situs web, opsi Kirim biasanya digunakan untuk mengirim email. Email ini dipicu dari Penyedia Hosting Website Anda (Web Host). Dalam kebanyakan kasus, nama domain situs web sesuai dengan nama domain di alamat email yang mereka kirim. Contoh: www.yourdomain.com/contact.html halaman akan mengirimkan rinciannya ke contact@yourdomain.com.

Dalam kasus ini, Web Host atau server email, yang memicu email, salah mengasumsikan bahwa email harus dikirim secara lokal karena nama domainnya sama. Untuk mengatasinya, buka pengaturan WebHost dan pilih opsi Remote Email server untuk menunjukkan bahwa email ini harus dikirim secara eksternal. Anda harus memeriksa konfigurasi Pengiriman Email Lokal dan menonaktifkan pengaturan lokal WebHost. Ini akan memastikan bahwa email dari webforms menjangkau server Zoho Mail dan dikirim ke akun email yang benar.

Apa Reaksi Kamu ?

mengejutkan mengejutkan
0
mengejutkan
menginspirasi menginspirasi
0
menginspirasi
disukai disukai
1
disukai
keren keren
0
keren
membingungkan membingungkan
0
membingungkan
aneh aneh
0
aneh