TipsTrik id
No Result
View All Result
Tulis Tips/Trik
  • Gaya Hidup
  • Kesehatan
  • Personal
  • Muslim
  • Produktivitas
DarkMode
  • Login
  • Register
TipsTrik id
No Result
View All Result
DarkMode
  • Login
  • Register
Tulis Tips/Trik
TipsTrik id
No Result
View All Result
Home Pekerjaan

11 Tips Ampuh Mempromosikan Diri saat Interview Kerja di Bidang Apapun

Amel Widya by Amel Widya
30 Oktober 2017
in Pekerjaan
4 min read
193 4
wawancara kerja
365
SHARES
2.8k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Wawancara atau interview adalah percakapan antara dua orang atau lebih, yang mana dalam percakapan tersebut terdapat pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh pewawancara kepada orang yang di-interview.

Tujuan interview adalah untuk mendapatkan informasi, pendapat, tanggapan dari orang yang diwawancara atas suatu masalah yang dipertanyakan.

wawancara kerja

Artikel Terkait,

No Content Available

Itu adalah gambaran singkat tentang inti dari interview atau wawancara kerja. Pentng untuk tahu terlebih dahulu apa itu interview atau wawancara kerja. Pada tahapan rekruitment pegawai atau karyawan atau apapun bidangnya, sesi wawancara kerja akan sangat menentukan apakah kamu diterima atau ditolak dalam pekerjaan tersebut.

Calon karyawan yang ingin diterima bekerja di perusahaan pasti melewati sesi interview. Tahapan interview kerja biasanya dilaksanakan setelah beberapa sesi tes, seperti sudah lulus psikotes dan tes kesehatan.

Kita harus mampu untuk mempromosikan diri, nah untuk mempermudah mempromosikan diri saat interview, kami akan membagikan tips menjual diri saat interview.

1. Menyiapkan jawaban – jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum atau populer yang sering diajukan dalam wawancara.

Persiapkanlah jawaban atas pertanyan yang sekiranya diajukan oleh pewawancara. Untuk jawaban atas pertanyaan umum saat wawancara, misalnya ceritakan tentang diri Anda (dari hobi, prestasi dan pekerjaan terakhir Anda). Atau pertanyaan berapa gaji yang Anda inginkan jika diterima?. Dan pertanyaan-pertanyaan umum lainya.

Anda bisa belajar tentang pertanyaan wawancara kerja dan jawabanya di artikel kami sebelumnya.

2. Mengenakan pakaian yang rapi dan sopan

Kenakanlah pakaian yang rapi dan sopan. Kriteria pakaian rapi dan sopan untuk pria misalnya mengenakan kemeja lengan panjang dengan warna cerah, dan celana kain hitam panjang.

Sementara ukuran pakaian rapi bagi wanita adalah blazer (khusus kerja) berwarna hitam dengan dilapisi pakaian lengan panjang berwarna cerah dan celana/ rok kain berwarna hitam. Bagi wanita, jangan menggunakan make up yang berlebihan, karena akan bernilai psikologis yang kurang baik.

3. Menyiapkan dokumen pendukung

Siapkan berkas-berkas dokumen pendukung yang disyaratkan atau dibutuhkan pada saat interview kerja. Biasanya dokumen-dokumen asli seperti surat keterangan, transkrip nilai, Kartu Tanda Pengenal, ijazah surat rekomendasi.

Persiapkan sebaik mungkin sehingga saat interview berlangsung tidak ada yang tertinggal. Jangan sampai Anda sudah berada di ruang interview tetapi berkas-berkas yang dibutuhkan tidak dibawa.

4. Datang 15 menit lebih awal

Pada hari H sesi interview kerja, datanglah 15 menit sebelum acara dimulai. Kenapa? Ini akan memberikan efek signifikan bagi kondisi psikologis.

Anda akan merasa lebih santai, anda memiliki waktu untuk mengatur rasa percaya diri sebelum giliran Anda, dan yang lebih penting anda tidak datang terburu-buru sehingga menyebabkan Anda berkeringat dan gugup saat wawancara berlangsung.

5. Tampil smart, ramah dan percaya diri

Sebelum masuk ke ruang interview saat giliran Anda, ketuklan pintu terlebih dahulu sambil mengucapkan salam formal (misalnya, permisi), kemudian ulurkan tangan Anda pada pewawancara sebelum duduk untuk berjabat tangan sambil memperkenalkan diri dengan hangat.

Tips Rekomendasi:  3 Tips Dongkrak Percaya Diri Saat Wawancara Kerja

Tampil smart, ramah, ber-energi, dan tunjukan percaya diri. Sikap itu sangat pentingagar kesan pertama pewawancara kepada anda positif dan Anda memang layak diterima diperusahaan tersebut.

6. Tahu kapan waktu harus berbicara dan berhenti bicara

Di tengah-tengah wawancara berlangsung, ada baiknya Anda mendengarkan baik-baik pertanyaan dari pewawancara, lalu perhatikan  bahasa tubuhnya. Berhentilah atau mulailah berbicara pada saat yang tepat.

7. Bersemangat menjawab pertanyaan

Dalam interview penerimaan calon karyawan, penampilan bukanlah nomor satu, tetapi itu menjadi hal yang ikut menentukan. Selain berpakaian rapi dan sopan, Anda juga harus bersemangat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Selain itu, tunjukanlah bahasa tubuh yang baik. Jangan pernah melipat tangan ke dada saat interview berlangsung. Karena anda akan terkesan sebagai orang kaku dan detensis.

Biarkan tangan bebas untuk mengekspresikan jawaban-jawaban yang keluar dari mulut Anda, tetapi juga tidak berlebihan.

8. Menjadi pribadi yang hangat dan menyenangkan

Selama interview berlangsung, tunjukanlah kepada pewawancara bahwa anda adalah pribadi yang hangat dan menyenangkan. Hal ini sangat ditekankan. Karena, pada umumnya, perusahaan menyukai para pelamar yang memiliki sifat hangat dan menyenangkan. Sedikit-sedikit rilek dan tersenyumlah untuk menunjukan bahwa Anda memang seorang pelamar yang hangat dan menyenangkan.

9. Memilih gaya bicara yang baik

Gaya bicara yang baik adalah cermin kepribadian yang baik. Misalnya seorang calon pemimpin harus berbicara dengan tegas dan terkordinasi, memiliki visi yang baik. Selain kemampuan bahasa, gaya bahasa juga akan mempengaruhi kesuksesan wawancara kerja.

10. Menjawab pertanyaan dengan meyakinkan

Selain memiliki gaya bicara yang baik, Anda juga harus bisa menjawab pertanyaan wawancara dengan sangat meyakinkan. Salah satu caranya adalah dengan menghindari kata-kata “mungkin” dalam setiap pemilihan kata yang Anda lontarkan.

Gunakan kata-kata “berdasarkan pengalaman”. Karena-kata-kata inilah, jawaban Anda akan terasa sangat meyakinkan. Anda akan terlihat sebagai calon yang sudah berpengalaman.

11. Memiliki visi kedepan

Di tengah-tengah mengikuti interview, biasanya pewawancara akan menanyakan apa yang akan Anda lakukan 2-3 tahun kedepan. Promosikan rencana-rencana pribadi anda kedepan. Tentu dengan menawarkan visi Anda dan keterlibatan Anda dengan perusahaan.

Kecerdasan dan skill yang mumpuni bukanlah segalanya dalam proses mencapai kesuksesan. Di luar itu, masih ada rahasia lain yang harus dimiliki oleh orang yang sukses, yaitu kemampuan “menjual diri”.

Tanpa memiliki kemampuan menjual diri yang baik, sehebat apapun Anda, pasti hanya akan terpinggirkan, digilas keadaan dan akhirnya keinginan untuk berdiri di puncak tertinggi karir yang Anda tekuni hanyalah mimpi saja.

Tags: interview
Share146Tweet91SendShareShare
Amel Widya

Amel Widya

Gak ah, biar pada penasaran... Hehehe...

Related Posts

lowongan pekerjaan pegadaian
Pekerjaan

Informasi Lowongan Pekerjaan di Pegadaian

6 Januari 2022
cara daftar kartu prakerja
Pekerjaan

Tutorial Lengkap Cara Pendaftaran Program Kartu Prakerja

13 April 2020
Pekerjaan

5 Trik Mudah Mencari Pekerjaan Bagi Wanita Usia 40 Tahun Keatas

14 Oktober 2018
wawancara kerja
Pekerjaan

3 Tips Dongkrak Percaya Diri Saat Wawancara Kerja

3 Oktober 2018
meja kerja
Pekerjaan

8 Trik Kreatif Agar Meja Kerjamu tak Membosankan

15 Agustus 2017
sosial media
Pekerjaan

Tips dan Cara Mendapatkan Pekerjaan dari Media Sosial

28 September 2016
Load More
Next Post
zoho mail

Cara Konfigurasikan Zoho Mail di Outlook Menggunakan IMAP

Editors' Picks

minum air putih

Tips Kurangi Rasa Haus saat Puasa

9 Juni 2017
Dekorasi Rumah

Trik Dekorasi ini Bisa Bikin Penghuni Rumah Jadi Bahagia

7 Maret 2018
Eyeshadow

Tutorial Eyeshadow Menggunakan Teknik Draping

17 Juli 2020
wawancara kerja

11 Tips Ampuh Mempromosikan Diri saat Interview Kerja di Bidang Apapun

30 Oktober 2017

Perangkat USB tidak terdeteksi? Atasi dengan cara ampuh ini

16 April 2015

Tips trik Terpopuler

  • 20 Font Kuno Jaman Dulu dan Font Aksara Jawa, Bugis, Bali Untuk Desain Grafis

    979 shares
    Share 392 Tweet 245
  • Tips Membentuk Perut Six Pack Tanpa Fitness

    614 shares
    Share 246 Tweet 154
  • Tips Mengedit Foto Greenscreen Menggunakan Photoshop

    1360 shares
    Share 544 Tweet 340
  • Kode Negara Dalam Barcode dan Cara Membuat Barcode

    533 shares
    Share 213 Tweet 133
  • Tips Menghapus Tulisan di Photoshop Tanpa Menghapus Background

    465 shares
    Share 186 Tweet 116

What’s New

politik di era metaverse

Potensi, Peluang, dan Tantangan Politik di Era Metaverse

13 April 2025
LASIK mata

Prosedur dan Manfaat LASIK Mata yang Perlu Anda Ketahui

10 April 2025
plot twist

5 Plot Twist Paling Dibicarakan di Reddit dan Forum Pecinta Film

28 Maret 2025
TipsTrik id

TipsTrik.id adalah tempat dimana kamu mencari artikel tips, trik, serta tutorial yang lengkap dan terpercaya. Di TipsTrik.id kamu juga bisa membagikan tips, trik, ataupun tutorial yang kamu miliki agar dibaca oleh jutaan orang.

Seedbacklink

© 2017 - 2025 | TipsTrik id is a member of KalgesMedia.

No Result
View All Result
  • Belanja
  • Bencana
  • Bisnis
  • Darurat
  • Dekorasi
  • Do it Yourself
  • Dunia Digital
  • Elektronik
  • Events
  • Fashion
  • Finansial
  • Fotografi
  • Game
  • Gaya dan Penampilan
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
  • Hobi
  • Hubungan
  • Ibu dan Bayi
  • Kecantikan
  • Keluarga
  • Kerajinan Tangan
  • Kesehatan
  • Komputer
  • Komunikasi
  • Life Hack
  • Makanan
  • Motivasi
  • Olahraga
  • Otomotif
  • Pekerjaan
  • Pendidikan
  • Peralatan
  • Personal
  • Produktivitas
  • Psikologi
  • Ragam
  • Recycle
  • Rumah dan Kebun
  • Sosial
  • Traveling
  • Web Server

© 2017 - 2025 | TipsTrik id is a member of KalgesMedia.

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In