Tips Aman Mengambil Uang di ATM Bank agar Tidak Lalai

Tips Aman Mengambil Uang di ATM Bank agar Tidak Lalai


Cara mengambil uang melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri) memang mudah, namun perlu berhati-hati. Sebaiknya, perhatikan beberapa tips aman mengambil uang di ATM bank untuk menghindari kelalaian Anda. Kelalaian nasabah adalah kelakuan nyata berefek pada hilangnya saldo pada rekening. Meskipun yang paling menyeramkan adalah pembobolan rekening oleh para cybercrime.

ATM bersama

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini bank negara maupun swasta di Indonesia sudah memiliki sistem keamanan canggih untuk menanggulangi tindakan kriminal dunia maya khususnya keamanan rekening para nasabah.

Berhati-hati dan waspada merupakan dasar dari tindakan aman ketika Anda menarik uang di mesin ATM, sebab kejahatan terjadi karena adanya kesempatan. Hal ini dimanfaatkan sepenuhnya oleh para pelaku “kriminal dadakan” istilahnya begitu. Misal; Anda lupa tidak mengambil kembali kartu ATM setelah melakukan transaksi, Anda hanya mengambil uangnya saja.

Kelalaian ini mengakibatkan orang yang antri di belakang Anda memiliki kesempatan untuk bertindak jahat menguras uang dalam rekening Anda. Namun tindakan seperti ini sudah tidak berlaku, rata-rata mesin ATM sekarang menggunakan sistem terbaru.

galeri ATM bersama

Jika kartu sudah keluar dan belum di cabut, saat di masukkan lagi akan meminta nomor PIN ulang. Jadi, kesempatan itu tidak bisa digunakan oleh orang yang tidak mengetahui PIN dari kartu ATM tersebut.

Apa saja tips aman mengambil uang di ATM bank agar tidak lupa?

1. Hindari mesin ATM yang kelihatan sepi pengunjung

Banyak modus kejahatan yang terjadi melalui mesin ATM, ada cara modern menggunakan micro hardware yang di tempatkan di mulut tempat memasukkan kartu ATM. Biasanya ditempel dengan isolatip dan kasat mata, alat ini akan mengcopy semua data transaksi.

Ada juga pelaku kejahatan menggunakan hipnotis, ini yang paling parah. Jika area mesin ATM terdapat orang-orang mencurigakan, kira-kira bukan nasabah sebaiknya cari tempat lain saja.

2. Menutup area keyboard saat memasukkan nomor PIN

Meskipun tidak ada yang antri di belakang Anda, tutup dengan tangan atau benda lain di area keyboard. Dikhawatirkan, ada yang dengan sengaja memasang micro kamera di sekitar mesin.

3. Mengganti nomor PIN secara berkala

Ini merupakan tips aman mengambil uang di ATM bank paling mudah namu juga paling menyusahkan, mengapa? jika Anda lupa nomor PIN terbaru setelah penggantian berkala, meu tidak mau harus mengurus ke bank untuk aktivasi ulang PIN.

4. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru di kenal

Jangan mudah percaya dengan orang yang baru Anda kenal dan menawarkan bantuan utk menelpon costumer service bank dari handphone orang yang baru Anda kenal tadi, karena diduga itu bukan nomor costumer service dari bank ATM tersebut.

5. Jika kartu ATM Anda tertelan mesin jangan panik

Jika kartu ATM Anda tertelan mesin, maka cobalah raba lubang masuknya kartu ATM pada mesin yang Anda pakai. Jika memang itu permainan dari penjahat dengan modus telan kartu ATM, maka Anda akan dapat menemukan suatu alat seperti sejenis jepitan, batang korek api atau lidi, cobalah tarik benda itu, maka kartu Anda akan kelihatan terkait disana.

transaksi di ATM

6. Hubungi security atau pihak keamanan

Jika kartu ATM Anda tertelan dalam mesin langsung lapor ke Security setempat, dan mintalah ke pihak keamanan untuk segera mengisolir lokasi tersebut dengan memberikan pengumuman “Mesin ATM ini rusak”, dan segeralah hubungi nomor yang dapat dihubungi untuk menampung keluhan Anda.

Jika kantor bank yang bersangkutan bersebelahan dengan mesin ATM yang menelan kartu Anda tadi, sebaiknya mintalah print out rekening untuk mengetahui Outstanding saldo rekening anda pada jam tersebut, untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan. (Misalnya kesalahpahaman mengenai sisa saldo tabungan yang masih anda miliki).

Usahakan setiap anda menelepon menyampaikan keluhan Anda, dan Anda wajib mengetahui identitas orang yang anda hubungi tersebut.

7. Diharamkan memberitahukan nomor PIN kepada orang lain

Meskipun itu saudara Anda sendiri sebaiknya jangan, takutnya saudara Anda ini yang lupa menaruh sembarangan catatan nomor pin ATM Anda. Apalagi orang yang tidak Anda kenal, simpan dalam catatan pribadi Anda di rumah.

8. Tidak perlu mencatat nomor PIN di Handphone

Jangan membuat semua catatan penting termasuk nomor rekening dan PIN ATM ada di dalam Handphone. Akan sangat berbahaya jika handphone tersebut hilang atau dicuri orang dan bisa disalahgunakan.

Tips aman mengambil uang di ATM bank ini perlu Anda ingat setiap waktu, mengingat modus-modus kejahatan di mesin ATM semakin beragam. Yang pasti, usahakan mengambil uang selalu mengajak teman atau saudara untuk menemani.

Apa Reaksi Kamu ?

mengejutkan mengejutkan
0
mengejutkan
menginspirasi menginspirasi
0
menginspirasi
disukai disukai
0
disukai
keren keren
0
keren
membingungkan membingungkan
0
membingungkan
aneh aneh
0
aneh