Tips Efisien Menggoreng Ikan Balut Tepung


Sepanjang mata memandang yang terlihat di jalan-jalan adalah warung lalapan. Sampai saat ini gorengan masih menjadi makanan yang diidolakan oleh banyak orang. Apalagi sejak fast food menjelma menjadi primadona, makanan yang digoreng semakin tak bisa terbendung dalam menu makan sehari-hari. Selain ayam goreng, ikan goreng tepung adalah menu favorit yang banyak digemari oleh hampir semua kalangan usia.

gorengan

Namun begitu, sajian ikan goreng tepung bukanlah hidangan yang menyehatkan. Tepung yang dibalutkan akan semakin banyak menyerap minyak, hingga meningkatkan jumlah kalori dan lemak trans dalam makanan ini. Kabar baiknya, Anda masih bisa membuat sajian ikan balut tepung yang sehat kok. Penasaran? Berikut ini tips membuatnya.

Pilih Ikan yang Berdaging Tebal

Sebelum mulai menggoreng ikan balut tepung, pilihlah ikan yang memiliki daging lebih tebal, sehingga saat dimakan tidak hanya sebatas balutan tepung saja. Pemilihan daging ikan dengan kualitas yang baik juga bisa memberikan nilai gizi yang lebih lengkap. Ikan kakap merah adalah satu jenis ikan yang memiliki volume daging cukup tebal dan cocok dimanfaatkan untuk sajian ikan balut tepung.

Gunakan Tepung Roti

Tepung terigu bukanlah satu-satunya bahan adonan yang bisa digunakan untuk membuat ikan balut tepung. Sebaliknya, tepung terigu cenderung lebih banyak menyerap minyak, sehingga kurang baik untuk membuat hidangan ini. Agar lebih renyah gunakan tepung gandum maupun tepung roti. Kedua tepung ini banyak mengandung serat dan tak terlalu banyak menyerap minyak.

Gunakan Olive Oil

Kunci makanan yang digoreng banyak mengandung lemak trans terletak pada penggunaan minyak tak jenuh, seperti minyak kelapa, lebih dari sekali. Untuk meminimalkan kolesterol dan kalori yang tinggi dari makanan yang digoreng, gunakan minyak sawit atau olive oil. Selain itu, menggorengnya tak harus dari wajan, bisa juga memanfaatkan oven.

Persingkat Waktu Menggoreng

Kelemahan menggoreng dengan hanya memanaskan dalam oven memang tidak bisa menghasilkan makanan serenyah menggoreng dalam wajan. Bila ingin membuat sajian ikan balut tepung yang lebih renyah, tunggulah minyak sampai panas, sekitar 176 derajat Celcius, barulah memasukkannya. Cara ini dapat membuat sajian lebih renyah dengan waktu menggoreng yang lebih singkat.

Supaya lebih mudah untuk dinikmati, fillet daging ikan sebelum mengolahnhya menjadi ikan balut tepung. Anda pun bisa langsung menikmatinya bersama si kecil tanpa perlu repot-repot memunguti tulang-tulangnya lagi.

Apa Reaksi Kamu ?

mengejutkan mengejutkan
0
mengejutkan
menginspirasi menginspirasi
0
menginspirasi
disukai disukai
0
disukai
keren keren
0
keren
membingungkan membingungkan
0
membingungkan
aneh aneh
0
aneh