Ingin Renovasi Rumah tapi Gak Ada Biaya, Nih Jalan Keluarnya !


Rumah yang ditinggali selama beberapa tahun biasanya memerlukan renovasi, besar maupun kecil. Namun terkadang kita belum nyiapin dana sedangkan renovasi sudah harus dilakukan.

mengecat-rumah-renovasi

Silahkan dicoba tips-tips berikut :

1. Ajukan Kredit Renovasi Rumah

Jaminkan sertifikat rumah ke bank untuk mendapatkan kredit renovasi rumah. Bahkan sebagian bank ada yang bekerja sama dengan produsen semen untuk membuat program layanan pembiayaan renovasi rumah.

2. Kredit Renovasi BPJS Ketenagakerjaan

Bagi Agan atau Sista yang karyawan dan sudah terdaftar sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan (dulu bernama Jamsostek), sudah menjadi peserta minimal 5 tahun, manfaatkan fasilitas kredit renovasi rumah. Dalam hal ini BPJS juga bekerja sama dengan beberapa bank dengan jaminan dana Agan yang tersimpan di dalam rekening BPJS ketenagakerjaan. Dengan proses yang mudah, Agan or Sista tinggal datang ke kantor BPJS terdekat dan melengkapi persyaratan yang diminta.

3. Manfaatkan fasilitas Top Up untuk Biaya Renovasi

Bagi Agan or Sista yang memilliki rumah dengan fasilitas KPR dan status pembayarannya belum lunas sementara kondisi rumah sudah butuh renovasi, bisa memanfaatkan fasilitas Top Up dari KPR Agan or Sista. Fasilitas ini biasanya dapat diberikan kepada nasabah yang sudah melewati separuh dari masa kredit dan memiliki riwayat kredit yang baik. Rumah yang saat ini masih dibiayai bank dalam bentuk KPR menjadi jaminannya.

KPR awal akan ditutup dan Agan akan mempunyai kredit baru. Selisih dana plafon pinjaman Anda dikurangi sisa KPR sebelumnya dapat dimanfaatkan untuk renovasi rumah.

4. Over Kredit KPR untuk mendapatkan Dana Renovasi

Jika rumah Agan or Sista saat ini masih berstatus kredit (KPR), maka Agan dapat melakukan over kredit ke bank lain untuk mendapatkan dana. Selisih plafon kredit dengan sisa pinjaman dapat digunakan untuk biaya renovasi. Cara ini dapat dilakukan apabila Agan or Sista tidak dapat melakukan pengajuan fasilitas top up kepada bank pemberi KPR Agan.

5. Kerjasama dengan Toko Material

Memiliki anggaran terbatas untuk renovasi rumah dapat disiasati dengan bekerja sama dengan toko material dalam bentuk pembayaran pembelian material bangunan secara berjangka melalui angsuran bulanan. Karena toko material sendiri punya target dari pihak penyuplai (distributor) untuk segera menghabiskan stok di toko.

Tempo pembayaran biasanya dalam jangka pendek yaitu 1-3 bulan, dan syarat utamanya Agan or Sista harus dikenal baik oleh toko material bangunan tersebut. Bisa mengajukan perpanjangan tempo pembayaran jika reputasi Agan or Sista bagus atau mencari toko bangunan lain.

Biaya terbesar dalam merenovasi rumah adalah pembelian material bangunan. Jika sudah mendapatkan solusi, tinggal mencari biaya untuk tukang bangunannya. Jika Agan dapat menemukan kontraktor bangunan yang dapat diajak kerjasama pembayaran berjangka, tentu saja hal ini memudahkan Agan or Sista dalam merenovasi rumah.


tulis tips trik di tipstrik.id