Inilah 8 Trik Jitu yang Dilakukan Orang Kaya Biar Uangnya Nggak Habis-Habis


mark zuckerberg

Kenapa sih orang kaya tetap tajir dan sepertinya bisa kaya hingga tujuh turunan? Zaman sekarang memang ada-ada saja ulah orang yang ingin menjadi kaya. Mulai dengan cara instan lewat dukun, kredit barang sana-sini dan mengupayakan segala cara. Sementara orang yang kaya tenang-tenang saja mengelola uangnya.

Fenomena seperti ini tentu membuat kalian heran. Ternyata memang ada trik jitu yang dilakukan orang kaya biar uangnya nggak habis-habis. Penasaran, berikut ulasannya.

1. Beli Barang Bekas

sepeda motor bekas

Menjadi orang kaya nggak berarti mereka akan hidup mewah dengan segala hal yang serba baru. Justru orang kaya lebih memilih menggunakan barang bekas atau second hand tapi yang masih memiliki kualitas bagus.

Karena harganya lebih murah, sisa uangnya itu bisa diputar ke arah bisnis atau finansial yang lain. Nggak heran kan kalau kalian sering meilihat orang kaya yang ternyata cuma pakai barang-barang yang sederhana dan terkesan jadul.

2. Membeli Properti yang Terjangkau

rumah sederhana minimalis

Orang yang kaya juga nggak selalu identik dengan rumah yang megah. Mereka bahkan nggak ragu buat beli rumah kuno karena bangunannya yang terbilang masih kokoh. Soalnya mereka lebih mengutamakan mutu dibandingkan depresiasi barang.

Kalau membeli properti baru, mereka akan membayar tunai atau dengan uang muka 15 persen. Selain itu mereka nggak akan membeli yang terlalu melebihi pendapatan mereka. Nggak jarang mereka membeli properti murah dengan jumlah banyak untuk investasi kedepan.

3. Membeli Untuk Dipakai Selamanya

sepatu

Selain membeli barang bekas, orang kaya juga dikenal identik membeli barang-barang yang harganya mahal. Nggak sekedar mahal untuk gengsi, tapi mereka punya tujuan yang lebih cerdas daripada itu.

Barang-barang mahal memang memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari yang murah. Kalau yang murah hanya bertahan untuk 1 tahun, barang mahal mungkin bisa bertahan hingga 10 tahun. Itulah pertimbangan mereka kenapa mau membeli yang lebih mahal.

4. Menunggu Penawaran Terbaik

diskon

Orang-orang mungkin banyak yang menilai membeli sekarang akan lebih baik daripada terlambat. Mereka bahkan rela memesan di luar negeri terlebih dahulu meski dengan harga yang lebih mahal.

Misalnya saja seperti smartphone keluaran terbaru. Padahal dua atau tiga bulan lagi ponsel itu sudah ada di dalam negeri, bahkan harganya pun sudah mulai turun meski dengan kualitas yang sama. Hal itulah yang menjadi pertimbangan orang kaya.

5. Tidak Pensiun

kerja sibuk

Kebanyakan para pekerja mungkin ingin segera pensiun dini dan menikmati masa-masa tua bersama keluarga. Tapi hal itu nggak berlaku bagi orang kaya dan sukses. Mereka justru memilih tak pensiun dan terus bekerja sampai tua.

Setelah masuk masa pensiun pun, mereka akan melanjutkan berbisnis dan membantu orang lain untuk mendapatkan pekerjaan lewat usahanya. Hal itulah yang membuat orang kaya menjadi semakin kaya.

6. Hemat

investasi

Orang kaya juga sangat identik dengan gaya hidupnya yang hemat. Nggak hanya secara finansial, tapi mereka juga sangat berhemat di kehidupan sehari-hari. Bahkan mereka juga sangat jarang menyia-nyiakan makanan.

Bulannya pelit, tapi mereka bertindak lebih cermat untuk masa depan. Misalnya saja menyimpan sebuah tali jika suatu saat nanti diperlukan. Daripada beli, kan lebih baik menggunakan barang yang sudah ada.

7. Mengatur Anggaran

uang rupiah

Orang kaya ternyata memang sangat pandai mengatur anggaran pengeluarannya. Mereka selalu memikirkan matang-matang sebelum mengeluarkan uang dan berinvestasi bisnis yang bisa menguntungkan.

Kunci mengatur anggaran ini adalah jujur pada diri sendiri. Jadi mereka nggak akan mencuri-curi kesempatan untuk mengeluarkan uang berlebih. Tapi mereka juga nggak akan curang untuk membayar kewajibannya.

8. Jangan Terlihat Kaya

mark zuckerberg

Satu hal lagi yang nggak boleh ketinggalan mengapa orang kaya tetap tajir adalah, karena mereka nggak pernah menunjukkan kekayaannya. Mereka tetap hidup sederhana dan lebih sering melakukan hal-hal sendiri seperti orang biasa.

Dengan begitu mereka bisa lebih berhemat dan menikmati waktunya seperti orang bisa. Pola pikir mereka juga jadi sederhana dan lebih rileks dibanding memikirkan uang terus-terusan. Justru orang yang bergaya sok kaya itulah nantinya yang bisa jatuh miskin.

Dari ulasan di atas, sudah terjawab kan kenapa orang kaya nggak ragu pakai mobil lama, rumah sederhana dan pakai baju yang itu-itu saja. Itu semua adalah trik mereka agar bisa tetap kaya.

Nah, buat kamu yang ingin jadi orang kaya, coba deh tiru trik mereka.


tulis tips trik di tipstrik.id