Cara Konfigurasi POP pada Zoho Mail

POP atau Post Office Protocol memungkinkan Anda mengakses email di klien email pilihan Anda. POP melakukan pengambilan email satu arah dan tidak ada sinkronisasi antara klien email dan server. Zoho Mail dapat dikonfigurasi di klien email POP standar yang menyediakan setelan server POP dan SMTP.

Anda harus mengaktifkan akses POP akun, sebelum mengkonfigurasi akun Zoho Mail di klien email manapun.

Aktifkan akses POP

Anda perlu mengaktifkan akses POP dari akun Zoho Mail, untuk mulai mengakses akun di klien POP lainnya. Anda dapat mengaktifkan akses POP untuk semua email sejak awal atau dari hari itu.

  1. Masuk ke https://www.zoho.com/mail
  2. Klik Settings >> Email Forwarding POP dan IMAP untuk membuka setting POP / IMAP.
  3. Anda dapat mengaktifkan akses POP dalam dua mode
    Aktifkan – Untuk mengaktifkan akses POP untuk semua email di akun – Semua email akan didownload oleh klien POP yang Anda konfigurasikan.
    Aktifkan mulai sekarang – Aktifkan akses POP untuk email yang datang dari pengguna yang memungkinkan akses POP (hanya email baru yang akan diunduh ke klien POP yang Anda konfigurasikan).
  4. Klik Save agar perubahan menjadi efektif.

Setelan Konfigurasi POP untuk Zoho Mail

Anda dapat mengkonfigurasi akun Zoho Mail di setiap klien POP standar dengan menggunakan rincian POP yang disediakan di bawah ini. Alamat email Zoho lengkap harus diberikan dengan benar di kolom alamat email dan kolom nama pengguna. Jika Anda mengaktifkan Dua Faktor Otentikasi, buat dan gunakan sandi khusus aplikasi di klien email.

Incoming Server Settings: (Pengguna Pribadi dengan alamat email sebagai username@zoho.com)

Nama Server Masuk: pop.zoho.com
Port: 995
Mengharuskan SSL: Ya
Username: username@zoho.com

Setelan Server Masuk: (Pengguna Organisasi dengan alamat email berbasis domain you@yourdomain.com)

Nama Server Masuk: poppro.zoho.com
Port: 995
Mengharuskan SSL: Ya
Nama pengguna: you@yourdomain.com

Pengaturan Server Keluar:

Nama Server Keluar: smtp.zoho.com
Port: 465, SSL atau
Port: 587, TLS
Memerlukan Otentikasi: Ya

Nama pengguna: Alamat email akun Zoho lengkap Anda. Jika domain Anda di-host dengan Zoho, maka berikan you@yourdomain.com di sini.

Alamat Email: alamat email akun Zoho lengkap Anda. Jika domain Anda di-host dengan Zoho, berikan you@yourdomain.com.

Password: password akun Zoho anda

Anda mungkin memerlukan kata sandi Aplikasi khusus untuk mengatur akun di perangkat lain jika Two Factor Authentication diaktifkan untuk akun Anda.

Catatan:

Jika Anda adalah pengguna Masuk Federasi, Anda tidak akan memiliki kata sandi ‘Zoho’ untuk akun Anda. Gunakan link Lupa Password di halaman accountss.zoho.com, untuk menghasilkan kata kunci khusus Zoho untuk akun Anda di Zoho. Kredensial Login Federasi tidak akan berfungsi untuk akses POP / IMAP / Active Sync.

Sertakan Pesan SPAM di download POP

Anda dapat memilih untuk memasukkan pesan Spam untuk pengambilan POP. Zoho Mail menyediakan opsi untuk menyertakan pesan Spam atau hanya untuk mengambil email Spam untuk pengambilan POP. Jika Anda sepenuhnya mengandalkan klien email Anda, dan bila beberapa email yang Anda terima dari kontak yang Anda kenal, diklasifikasikan sebagai Spam karena berbagai alasan, Anda dapat memasukkan email Spam untuk pengambilan POP.

  1. Masuk ke https://www.zoho.com/mail
  2. Klik Settings >> Mail >> Email Forwarding POP dan IMAP.
  3. Setelah POP Access diaktifkan, Anda dapat memilih opsi untuk memasukkan pesan Spam.
    Pilih ‘Ya’ untuk mengambil pesan Spam di Klien POP
    Pilih ‘Tidak’ untuk tidak menerima Pesan Spam di klien POP
  4. Klik Save agar perubahan menjadi efektif.

POP Hapus Pengaturan di Zoho Mail

Anda dapat memilih untuk menghapus email dari Server atau meninggalkan pesan di Server saat email yang didownload melalui POP ditandai untuk dihapus. Bila Anda memilih ‘Hapus email dari Server’ di klien POP, klien menandai email untuk dihapus di server dan menghapusnya dari antrian POP. Namun, di Zoho Mail, Anda dapat memilih untuk menyimpan email di server meskipun klien menandai email untuk dihapus. Pilihan defaultnya adalah ‘Tinggalkan pesan di server’.

Email akan dihapus dari server hanya jika Anda memilih opsi ‘Hapus email dari server saat klien POP mengeluarkan perintah hapus’.

  1. Masuk ke https://www.zoho.com/mail
  2. Klik Settings >> Mail >> Email Forwarding POP dan IMAP.
  3. Setelah POP Access diaktifkan, Anda dapat memilih pengaturan POP Delete.
    Pilih ‘Tinggalkan pesan di Server’ untuk tidak menghapus email, saat klien POP mengeluarkan perintah hapus.
    Pilih ‘Hapus pesan dari server’ untuk menghapus pesan secara permanen saat klien mengeluarkan perintah hapus.
  4. Klik Save agar perubahan menjadi efektif.

Nonaktifkan akses POP

Anda dapat menonaktifkan akses POP akun Anda, kapan pun Anda memilih untuk menghentikan pengambilan POP.

  1. Masuk ke https://www.zoho.com/mail
  2. Klik Settings >> Mail >> Email Forwarding POP dan IMAP.
  3. Di bagian POP Access klik ‘Disable’ untuk menonaktifkan akses POP.
  4. Klik Save agar perubahan menjadi efektif.