Tips Buat Para Driver Ojek Online Biar Dapat Uang Lebih

Kerja dengan baik, pendapatan pun ikut naik :)


Driver Ojek Online sekarang sudah ada di mana-mana dan pendaftarannya pun tergolong mudah. Sebutlah Gojek, Grab hingga Uber. Selain karena tarifnya yang murah, transportasi online ini pun memudahkan masyarakat untuk menggunakan transportasi secara cepat.

ojek-online-1.jpg

Berikut 7 tips biar kamu dapat uang lebih dari penumpang:

1. Ramah

Hal utama yang paling penting bagi para driver adalah ramah terhadap para penumpangnya. Semakain ramah kamu terhadap penumpang, maka semakin berpeluang kamu untuk mendapatkan uang lebih. Saat penjemputan penumpang, berikan 3S ala Aa Gym: Senyum, Salam dan Sapa. Oiya, jangan bawa masalah pribadi ke dalam pekerjaan kamu yaa. Semisal kamu lagi banyak tugas kuliah atau istri kamu di rumah marah-marah, lantas kamu memberikan muka asem terhadap penumpang. Jangan sampai hal tersebut terjadi yaa, be professional please!

2. Safety

Hal utama lainnya adalah keselamatan penumpang. Jangan pernah tawarkan penumpang dengan kata-kata absurd: “Mau pakai helm atau tidak?” itu adalah kesalahan fatal para driver, memangnya kamu bisa menjamin nanti di jalan tidak terjadi apa-apa? Ganti kata-kata tersebut dengan memberi langsung helm pada penumpang, jauh atupun dekat. Keputusan terakhir ada di penumpang, dia mau menerima atau menolak. Sedangkan untuk driver mobil, sarankan penumpang untuk menggunakan safety belt.

3. Ajak Ngobrol

Mungkin terdengar sepele, namun hal ini sangat berpengaruh apakah nanti penumpang tersebut memberi uang lebih atau tidak. Tidak harus obrolan yang berat dan complicated, cukup obrolkan sesuatu yang ringan-ringan saja, semisal menanyakan pekerjaan penumpang? Lokasi yang dituju? Asal Mana? atau membicarakan hal-hal asik lainnya, seperti guyonan, film terkini, dsb agar penumpang merasa terhibur. Jangan sampai driver mengacuhkan penumpang! Penumpang bukanlah manekin yaa, ajaklah ngobrol meskipun penumpang sedang diam.

4. Keep Calm

Ada loh pengemudi yang terlihat terburu-buru dan ugal-ugalan, macam angkot yang kejar setoran. Salip sini, salip sana dan kebut-kebutan tidak jelas. Itu sungguh tidak profesional. Santai sajalah, penumpang pun pasti merasakan jika kamu sedang terburu-buru atau tidak. Jangan sampai penumpang sendiri yang nanti menegur kamu yaa. Keep calm, masbro.

5. Chat

Chat pun berpengaruh loh, gunakan kata-kata yang sopan terhadap penumpang. Minimalisir penggunaan chat automatis. Pernah loh mimin jelaskan lokasi penjemputan panjang lebar dan kamu tahu apa balasan driver-nya? OK! Iya, OK saja. What the hell, itu langsung membuat mimin sebal atau parahnya mungkin penumpang lain akan meng-cancel orderannya. Selain itu, jangan pernah mengirimkan sms rayuan, teror atau apapun kepada penumpang setelah order-an selesai, itu sungguh mengganggu.

6. Jangan PHP

Hal yang paling menyebalkan adalah mendapatkan driver yang membohongi penumpangnya. Dia menerima order-an penumpang namun dia sendiri yang meng-cancel order-an tersebut secara sepihak atau driver secara halus membohongi penumpang dengan memberi alasan klasik seperti: “Maaf, ban saya lagi bocor. Di-cancel aja yaa.” Duh, kalau kamu menolak rejeki dan tidak mau menerima penumpang jarak jauh, mending kamu gak usah jadi driver.

7. Jangan Meminta Bintang

Ada loh pengemudi secara terang-terangan meminta kepada penumpang untuk memberi rating bintang terhadap pelayanannya. Duh, kalo memang pelayanan kamu sudah bagus atau minimal kamu menerapkan tips di atas, tanpa diminta pun pasti penumpang akan memberikan kamu rating bintang kok.

Apa Reaksi Kamu ?

mengejutkan mengejutkan
0
mengejutkan
menginspirasi menginspirasi
0
menginspirasi
disukai disukai
1
disukai
keren keren
0
keren
membingungkan membingungkan
0
membingungkan
aneh aneh
0
aneh